Kamu harus tahu, inilah beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat mendaki gunung


Sebelum melakukan aktivitas pendakian gunung, sangat disarankan harusnya seorang pendaki mengerti tentang pengetahuan dasar persiapan perjalanan alam terbuka (PPAT). Tujuan utamanya adalah semoga pendaki memiliki bekal aturan-aturan yang dapat diterapkan selama mendaki dan perjalanan semakin tenang tanpa masalah.

Artikel lain :
Inilah rahasia dibalik kecantikan gadis Bugis Makassar yang terkenal menawan  
Inilah kesalahan-kesalahan perusahaan yang membuat karyawan kurang semangat bekerja  
Inilah hal indah dan selalu dirindukan perantau untuk pulang kampung  

Meskipun para pendaki mengerti tentang aturan-aturan PPAT, namun kadang masih terlihat beberapa kasalahan kecil yang biasa dilakukan oleh seorang pendaki selama perjalanan. Meskipun dampaknya tidak terlalu besar, tapi hal ini bisa menggangu kenyamanan seseorang dalam melakukan pendakian, seperti :

Memasak di dalam tenda
Memasak di dalam tenda nampak menjadi ide yang nyaman, terutama saat cuaca sedang basah. Namun ada konsekuensi yang harus dipertimbangkan saat memutuskan harus untuk menyalakan kompor di dalam tenda. Selain berisiko membakar tenda sendiri, memasak di dalam tenda yang tertutup akan menyebabkan keracunan asap karbon monoksida. Jika memang harus memasak di tengah cuaca basah, gunakan bagian depan tenda, dan pastikan banyak ventilasi di sekitarnya.

Membiarkan sleeping bag basah
Membiarkan sleeping bag terkena air dan basah merupakan hal kecil yang mendatangkan risiko besar. Selain seorang pendaki tidak akan bisa menggunakannya untuk tidur, sleeping bag yang basah tentu akan sangat berat dibawa.     

Memakai sepatu bermerek “Kawe”
Untuk tampil stylish memang tidak perlu mahal, namun bukan berarti harus menggunakan barang palsu atau "kawe". Tidak jarang para pendaki yang mengalami lecet pada bagian belakang kakinya karena tergesek bahan sepatu yang keras dan kaku. Luka yang muncul memang kecil, tapi hal ini tentu akan mengganggu langkah dalam perjalanan akibat rasa perih yang muncul.

Packing terlalu banyak
Membawa barang demi kenyamanan memang penting, namun bukan berarti harus membawa barang yang terlalu banyak. Bawaan yang terlalu banyak ditambah sistem packing yang salah akan menyulitkan dan dapat menyebabkan cedera.

Mendirikan tenda di tempat yang salah
Ini kesalahan mendasar yang kerap terjadi karena kemalasan melakukan observasi sebelum mendirikan tenda. Sebelum mendirikan tenda, seorang pendaki perlu meneliti ke mana arah air pergi saat hujan. Jangan sampai saat terbangun dan hujan, tenda yang dibangun sudah berada di atas danau. Tak hanya itu, tingkat kemiringan lahan juga penting diperhatikan agar tidur menjadi lebih aman dan nyaman.





SHARE THIS

Author: