Jangan heran, hanya di negara ini rokok dijual dengan harga setengah juta rupiah perbungkus

Di Indonesia, wacana harga rokok yang akan naik menjadi 50.000 rupiah per bungkusnya ternyata meresahkan banyak pihak. Para pengebul hingga bahkan penjual rokok pun protes dengan wacana kebijakan kenaikan tersebut.

Perlu diketahui bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki harga rokok paling murah didunia. Sedangkan Australia merupakan salah satu negara dengan harga rokok termahal di dunia, yaitu 24,58 dolar atau sekitar 325.000 rupiah perbungkusnya.

Artikel lain :
Mengenal budaya kuno Kesultanan Kutai Kartanegara melalui Festival Erau  
Sigajang Laleng Lipa yang merupakan ritual akhiri konflik orang Bugis Makassar  
Mengenal Cenning Rara pemikat hati orang Bugis Makassar  



Bahkan dengan harga segitupun masih akan dinaikkan lagi oleh pemerintah Australia. Rencananya, harga rokok disana akan dinaikkan menjadi 40 dolar atau sekitar 530.000 rupiah perbungkusnya pada tahun 2020 mendatang. Kelompok anti rokok Australia pun mendukung rencana ini karena diperkirakan cukai rokok di Australia naik hingga 12,5 persen tiap tahun hingga 4 tahun kedepan.

"Kenaikan cukai rokok ini bisa menyelamatkan puluhan ribu nyawa dari kanker. Remaja akan mulai berpikir untuk tak membelinya, karena harganya yang super mahal", ungkap CEO dari Cancer Council, Profesor Sanchia Aranda.





SHARE THIS

Author: