Sudah menjadi destinasi wisata Internasional, inilah sejuta pesona keindahan alam yang hanya ada di Kepulauan Derawan


Bagi yang hoby traveling di derah pantai dan laut, saatnya atur jadwal dan siap-siap untuk melakukan kunjungan di Kepulauan Derawan. Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada Kabupaten Berau, Kalimantan Utara. Setidaknya di kepulauan Derawan terdapat sejumlah objek wisata bahari yang menawan dan menarik untuk dinikmati.

Artikel lainnya :
Usia baru 12 tahun, inilah bocah asal Indonesia yang menjadi mahasiswa termuda di Kanada
Seorang suami itu harus kuat, karena suami adalah sosok pahlawan Superhero dalam keluarga
Ternyata inilah sosok gadis penenun yang ada pada uang pecahan lima ribu rupiah

Derawan merupakan sebuah kepulauan yang terdiri dari empat pulau yang cukup terkanal, yaitu Pulau Derawan, Pulau Kakaban, Pulau Maratua, dan Pulau Sangalaki. Tentunya masing-masing pulau memiliki khas keindahan yang dapat dinikmati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Taman laut yang indah tentunya sajian menarik untuk diving di pulau Derawan, penangkaran penyu di pulau Sangalaki, villa elit di pulau Bakungan, danau ubu-ubur di pulau Kakaban, serta gua di Pulau Maratua.

Snorkling Pulau Derawan
Pulau Kakaban
Pulau Bakungan

Tidak hanya itu, di Kepualauan Derawan terdapat beberapa ekosistem pesisir dari pulau-pulau kecil berupa terumbu karang, padang lamun, dan hutan mangrove. Selain itu, juga terdapat beberapa spesies yang dilindungi seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, ikan barakuda, dan lain-lainnya. Sehingga Kepulauan Derawan selain memiliki potensi wisata, dapat juga dijadikan sebagai pusat penelitian dan studi  ilmiah dibidang bahari.

Danau ubur-ubur Pualu Kakaban
Pulau Maratua

Tak perlu khawatir, sudah tersedia sejumlah fasilitas-fasilitas yang dapat digunakan untuk menjelajahi semua keindahan laut Kepulauan Derawan, seperti alat selam, resort (penginapan), hingga transportasi speed boat.

Untuk akses menuju Kepulauan Derawan dapat ditempuh dengan jalur darat, yaitu transportasi mobil dari Kota Berau menuju pelabuhan Tanjung Batu. Tersedia banyak speed boat yang dapat digunakan disekitar pelabuhan Tanjung Batu untuk ke pulau-pulau yang ada di Kepulauan Derawan.

Oleh : Anas Salehe

SHARE THIS

Author: