Keindahan Kapal Phinisi, menjadi salah satu bukti peradaban tinggi nenek moyang masyarakat Bugis dan Makassar


Melalui beberapa bukti peninggalan, dapat dipastikan bahwa masyarakat Bugis dan Makassar memiliki peradaban yang tinggi dimasa lampau. Kapal Phinisi yang sampai saat ini masih digunakan sebagai transportasi laut di Indonesia dan menjelajah hingga belahan dunia, merupakan bukti nyata peninggalan bahari dari nenek monyang suku Bugis dan Makassar.

Artikel lain :
Inilah fakta ilmiah tentang Batu Hajar Aswad yang menakjubkan  
Menikah tidak perlu mahal, inilah fakta bahwa memberi mahar yang murah itu adalah sunnah 
Inilah beberapa kewajiban yang harus dilakukan saat melanggar Ihram dalam Haji  

Kapal Phinisi dikenal tangguh mengarungi lautan karena konstruksinya yang kuat. Phinisi memiliki dua tiang layar utama, serta dilengkapi tujuh tambahan layar kecil. Sekarang, kapal Phinisi menggunakan pula mesin penggerak, seiring pelayarannya tidak lagi bergantung pada angin atau musim.

Karya Phinisi memberi bukti kuatnya peradaban orang Bugis dan Makassar di masa lampau. Dan mereka mampu merawat keterampilan dan pengetahuan tersebut dari generasi ke generasi. Proses pembuatan Phinisi tak pernah menggunakan gambar sketsa atau rancangan.


Setiap yang terlibat dalam penyusunan bagian-bagian kapal ini melakukannya secara naluriah karena dibentuk pengalaman. Pembuatan Phinisi tidak mengikuti proses pembuatan kapal lazimnya yang diawali dari penyusunan rangka, tetapi para ahli Phinisi memulai pembangunan Pinisi dari lunas hingga terbentuk dinding kapal.


Kapal Phinisi hasil tangan masyarakat Bugis Makassar tidak hanya berlayar di nusantara, tapi juga telah menjangkau jantung-jantung kota Eropa. Beberapa pemesan kapal ini datang dari luar negeri, karena bentuknya yang indah dan konstruksinya yang kokoh sehingga kapal ini banyak diminati sebagai kapal wisata dan penelitian.

SHARE THIS

Author: